pasang

Manfaat Kacang Buncis

Kacang buncis memiliki nama ilmiah Phaseolus vulgaris L. Kacang buncis merupakan sejenis polong - polongan yang dapat dimakan. Biji, buah, dan sayurnya dapat dimanfaatkan sebagai sayuran.

Kacang buncis merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan protein. Kacang buncis diambil dari bahasa belanda, yaitu boontjes. Kacang buncis diyakini berasal dari amerika tengah dan amerika selatan.

Kacang buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang sering ditambahkan dalam berbagai jenis masakan di Indonesia, dan Indonesia sendiri juga merupakan salah satu negara yang memproduksi kacang buncis terbesar di dunia bersama dengan China, Argentina, Perancis, Italia, Spanyol, Amerika Serikat, dan Belanda.

Kacang buncis merupakan sayuran yang termasuk dalam keluarga Leguminosae . Kacang buncis cocok dibudidayakan dan akan tumbuh dengan baik di dataran tinggi maupun di daratan medium.

Tanaman kacang buncis sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu jenis merambat dan jenis yang tegak. Kacang buncis merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan vitamin dan protein, sehingga sangat baik untuk kita konsumsi untuk kebutuhan kesehatan kita setiap hari. Kacang buncis mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, B11, C, K, dan juga serat.

Selain itu kacang buncis juga kaya akan mineral penting seperti magnesium, mangan, molybdenum, potassium, zat besi, fosfor, tembaga, serta kalsium. Kacang buncis mengandung beberapa nutrisi yang cukup baik  untuk kesehatan kita, seperti flavonoid dan karotenoid. Selain itu masih ada senyawa lainnya, seperti betakaroten, lutein, violaxanthin dalam kacang buncis.

Kacang buncis juga memiliki banyak kandungan senyawa yamg baik untuk kesehatan kita, seperti saponin, steroida, triterpenoid, trigonelin, asparagine, stigmasterin, arginine, kholin, fasin, tannin, serta asam amino.

Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi, vitamin serta mineral dalam kacang buncis, maka ada banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dari mengkonsumsi kacang buncis bagi kesehatan kita, meliputi :

  1. Mengembalikan kadar gula darah, kacang buncis merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein. Bila diolah dengan benar maka protein yang terkandung dalam kacang buncis akan diserap dalam tubuh serta dapat mengendalikan kadar gula dalam darah. Kacang buncis merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh orang - orang yang mengidap penyakit diabetes.
  2. Menjaga Sistem Pencernaan, Kandungan dari serat kacang buncis sangat baik bagi pencernaan. Mengkonsumsi kacang buncis dapat mencegah terjadinya sembelit, serta mencegah terjadinya kanker kolon.
  3. Menjaga Kesehatan Jantung, penyakit jantung mayoritas terjadi akibat kadar kolestelor yang tinggi dalam tubuh. Untuk menjaga kestabilan kolestelor dalam tubuh maka diperlukan sistem pencernaan yang baik. Menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil akan baik sekali untuk mencegah terjadinya serangan jantung. Untuk menjaga organ jantung kita agar tetap  sehat, usahakan untuk mengkonsumsi kacang buncis paling tidak empat kali dalam seminggu.
  4. Meningkatkan Imunitas Tubuh, dengan adanya berbagai vitamin, seperti vitamin B1, B6, serta vitamin C dalam kacang buncis, nantinya akan ikut berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh. Dengan meningkatnya imunitas tubuh, maka kita tidak akan mudah terserang penyakit.
  5. Mencegah Anemia, Kacang buncis banyak mengandung vitamin B serta zat besi. Vitamin B serta zat besi sangat baik untuk mencegah anemia. Jadi untuk mencegah anemia Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi kacang buncis.
  6. Meningkatkan Metabolisme Tubuh, Berbagai mineral yang terkandung dalam kacang buncis, seperti kalium, mangan, magnesium serta zat besi akan baik sekali bagi tubuh kita, sebab metabolisme tubuh yang meningkat sangat penting sekali dan akan membuat tubuh semakin sehat.
  7. Kaya Akan Serat, serat yang terkandung dalam kacang buncis sangat baik sekali untuk kesehatan. Selain dapat menjaga kesehatan organ pencernaan, serat juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol, mencegah obesitas, dan mencegaj hipertensi.
  8. Baik Untuk Tulang Dan Otak, kandungan vitamin K dalam kacang buncis sangat penting untuk untuk membangun massa tulang dengam cara meningkatkan kerja ostetrofik yang ada didalam tulang. Selain itu vitamin K juga berperan membantu mencegah terjadinya kerusakan saraf - saraf dan organ otak.
  9. Mencegah Diabetes, berbagai senyawa alami dalam kacang buncis ikut berperan dalam meningkatkan produksi hormon insulin dalam pankreas. Hormon insulin berfungsi untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh kita. Semakin banyak hormon insulin yang diproduksi maka akan semakin rendah kadar gula darah dalam tubuh kita.
  10. Tinggi Asam Folat, Kacang buncis termasuk jenis makanan yang kaya akan asam folat. Asam folat sangat baik bagi ibu - ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Asam folat sangat baik untuk mencegah terjadinya cacat pada bayi dalam kandungan. Selain itu mengkonsumsi kacang buncis bagi ibu - ibu menyusui sangat baik untuk memperlancar produksi asi.
  11. Rendah Kalori, Kacang buncis merupakan jenis makanan yang rendah kalori. Dalam 100gram kacang buncis terdapat 31 kalori. Selain itu kacang buncis juga tidak mengandung lemak jenuh, sehingga kacang buncis baik digunakan untuk orang tua maupun muda.
  12. Dapat Mencegah Kanker, Kandungan vitamin K dalam kacang buncis sangat baik untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh serta mencegah terjadinya kanker. Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena banyaknya radikal bebas dalam tubuh kita. Mengkonsumsi kacang buncis mampu melindungi tubuh kita dari serangan radikal bebas. Sayangnya dibalik semua manfaat yang terkandung dalam kacang buncis untuk kesehatan, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan baik - baik. Kacang buncis juga merupakan jenis makanan yang tinggi akan kadar asam oksalat. Kadar asam oksalat yang tinggi akan menggangu kesehatan dalam tubuh kita. Tingginya kadar oksalat dapat menyebabkan asam urat. Selain itu karena tingginya kadar oksalat dalam kacang buncis tidak baik dikonsumsi oleh orang - orang yang mengidap penyakit ginjal maupun penyakit kantung empedu. Karena kandungam oksalat yang tinggi dapat mengakibatkan terjadinya batu dalam ginjal maupun dalam kantung empedu. Selain itu baiknya cucilah terlebih dahulu kacang buncis dalam air yang mengalir sebelum diolah. Usahakan memasak kacang buncis dalam keadaan terlalu matang atau terlalu lama. Memasak buncis dalam keadaan terlalu lama dapat mengurangi berbagai nutrisi, vitamin, protein, serta mineral yang terkandung didalam kacang buncis.

0 Response to "Manfaat Kacang Buncis"

Post a Comment

"Terimakasih telah berkunjung ke blog Media Online tempatnya berbagi informasi, apabila ada komentar silahkan berkomentar yang sopan"

SHARETHIS